Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 20 Desember 2015

Membangun kepedulian melalui gali "Potensi Diri"

Sebagian orang mungkin masih bingung dengan apa itu potensi yang sesungguhnya. Potensi adalah Kemampuan dasar yang dimiliki seseorang yang mungkin masih terpendam dan jika dikembangkan akan lebih baik lagi. Potensi diri berkaitan dengan harapan, masa kini, paradigma, lingkungan dan masa lalu. Harus diakui, pada dasarnya setiap manusia memiliki kekuatan dan potensi masing-masing. Tapi sampai saat ini masih banyak yang belum menyadari potensi di dalam dirinya sendiri. Padahal potensi setiap orang sangat menunjang kesuksesan hidupnya jika diasah dengan baik.


Mengenali potensi diri
Jawablah pertanyaan ini secara jujur dan obyektif.
  • Apa keahlianmu?
  • Apa kelemahanmu?
  • Apa spesialisasimu?
  • Kualitasmu di level apa?
Ini PENTING! Jangan buang buang waktu!
Persaingan yang tajam, masyarakat lebih kritis dan masyarakat lebih kreatif nantinya membuat kita terlena dengan potensi yang kita miliki, khususnya pemuda Indonesia yang saat ini masih labil-labilnya dalam mengenal potensi yang dimiliki.


Tujuan
Tentukan tujuan hidup, baik itu tujuan jangka waktu pendek maupun jangka panjang secara realistis. Realistis maksudnya yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi diri sendiri. Menentukan tujuan yang jauh boleh saja asal diikuti oleh semangat untuk mencapainya.
Tujuan gali potensi dengan PEDULI.
  • Peduli dengan masa depan sendiri
  • Peduli dengan masa depan orang lain
  • peduli dengan negara kita

Kenali Motivasi
Setiap manusia memiliki motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. Kenali motivasi tersebut, apa yang bisa melecut semangat sesorang untuk menghasilkan karya terbaik, dan sebagainya. Sehingga seseorang bisa memiliki kekuatan dan dukungan moral dari dalam dirinya sendiri.

Jangan mengadili diri sendiri

Siapa yang sedang merasa jatuh?
Siapa yang pernah gagal?
Saya yakin 100000%, semua orang pasti pernah mengalami kegagalan.
Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam mencapai tujuan, kebanyakan orang hanya menyesali dan sedih berlarut larut. Sadar atau tidak sadar hal ini hanya akan membuang waktu dan energi. Bangkit dan tataplah masa depan. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran untuk maju. Khususnya pada remaja yang sekarang memang masanya sedang penuh gejolak di mana setiap remaja merasa tertantang untuk mencari jati dirinya sesuai dengan karakter, panggilan jiwa dan penuh kelabilan.

Menggali potensi.
  • Bakat
  • Hobby
  • Minat
  • Ilmu
  • Pengalaman

Ketahuilah!!!
Bahwa mimpi dan cita cita itu berbeda, bahwa hobby, minat dan bakat itu berbeda.
Apa bedanya?
Mimpi : Sesuatu yang masih angan angan, belum berubah ubah.
Cita cita : Sesuatu yang direncanakan, masih berubah ubah dan sudah ada proses untuk melangkahnya.
Hobby : Sesuatu aktifitas yang dilakukan pada waktu luang untuk memperoleh kesenangan, dan sifatnya rekreasi dan sesuatu yang pasif.
Minat : Suatu dorongan untuk melakukan aktifitas yang disukai, sifatnya dapat personal dan dilanjutkan dengan mencari referensi.
Bakat : Suatu sifat dasar yang berupa kemampuan atau kualitas yang dibawa sejak lahir yang dikembangkan, bakat ini mirip dengan potensi terpendam dan perlu penggalian yang lebih dalam.

Potensi diri dapat digali dengan tahap mengenali diri. Bagaimana kita akan dapat menggali potensi dalam diri kita, tanpa kita mengetahui seperti apa diri kita sendiri.

Keberhasilan seseorang dalam menemukan potensi keunggulan dirinya untuk menjadi yang terbaik di bidangnya serta berguna bagi diri sendiri dan orang lain.
-Howard Gardner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar