Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 10 September 2015

Definisi dan cara berkontribusi menjadi Indonesia Raya

Setiap negara mempunyai lagu kebangsaan masing masing, tidak ada dua negara yang memiliki lagu kebangsaan yang sama, karena lagu kebangsaan merupakan simbolis untuk negara itu sendiri. Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan Republik Indonesia yang diciptakan oleh W.R. Supratman. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya ini berfungsi untuk menumbuhkan jiwa serta sikap patriotik, sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia dan menunjukkan kepada kita semua akan arti kemerdekaan, akan arti kecintaan dan pengorbanan kepada tanah air, serta akan arti persatuan dan kesatuan.
  • Indonesia Raya seperti apa nantinya ?

Mengutip pada lagu kebangsaan Indonesia Raya “Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya untuk Indonesia Raya” menurut saya, makna tersebut memberikan pelajaran bagi kita semua bahwasanya yang dibangun terlebih dahulu dan utama adalah jiwa kita, jiwa bangsa Indonesia yang letaknya ada pada dalam diri kita. Dan pembangunan badan berupa fisik menjadi pencapaian Indonesia dalam mencapai salah satu tujuan nasional dalam memajukan kesejahteraan umum. Membangun jiwa inilah yang paling diutamakan, dan juga sangat susah untuk dibangun karena untuk membangunnya ada pada setiap diri kita sendiri. Terwujudnya tatanan masyarakat Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, demokratis, adil dan makmur serta beradab dan berketuhanan yang berlandaskan Pancasila, yang sebagaimana tertera di dalam Pembukaan UUD 1945, juga merupakan cita-cita bersama dari seluruh rakyat Indonesia.

  • Kontribusi menjadi Indonesia Raya

Pilihan saya menjadi kontribusi untuk Indonesia Raya adalah menjadi motivator. Motivator adalah seseorang yang memberikan motivasi atau semangat baik kepada orang lain dengan tujuan dapat meningkatkan semangat dan kualitas hidup. Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai. Dalam kegiatan belajar, motivasi sangat diperlukan, sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar. Proses pembelajaran akan berhasil manakala peserta didik mempunyai motivasi dalam belajar.

Tujuan saya memilih motivator adalah untuk menggerakan pemuda pemudi bangsa Indonesia yang cerdas ini menjadi lebih semangat melakukan suatu hal walaupun kecil tetapi besar manfaatnya untuk bangsa. Karena menurut saya pendidikan adalah yang paling penting untuk membangun bangsa, jadi harus dilakukan apa saja untuk mencapai itu semua. Agar kelak generasi penerus bangsa Indonesia ini menjadi yang lebih baik dalam mengatur tanah air kita ini. “Kalau bukan anak bangsa ini yang membangun bangsanya, siapa lagi? Jangan harapkan orang lain datang membangun bangsa kita. “ kutipan dari seorang mantan presiden kita Bapak BJ Habibie.

  • Cara yang dilakukan dan dikembangkan si Kontribusi Indonesia Raya

Budaya bangsa dan wawasan kebangsaan juga harus menjadi modal utama untuk mengeratkan persatuan dan kesatuan. Sehingga perbedaan di antara kita ini justru menjadi rahmat dan menjadi kekuatan bangsa Indonesia. Membangun jiwa bangsa yang paling utama melalui program diri, lalu kemudian didukung oleh program yang dibuat oleh pemerintah.

Menanamkan jiwa kebangsaan, cinta tanah air Indonesia dan memahami makna nilai-nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan Bhinneka Tungal Ika itu semua merupakan program yang diwujudkan melalui diri kita sendiri. Setelah kita menanamkan jiwa kebangsaan, cinta tanah air Indonesia dan memahami makna nilai-nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan Bhinneka Tungal Ika itu semua merupakan sesuatu yang diwujudkan melalui diri kita sendiri kita bangun maka nantinya akan mempengaruhi cara berfikir dan cara bertindak kita dalam turut mewujudkan tujuan Negara Indonesia Raya ini. Bila dilihat dari konsep membangun jiwa kemudian badannya, menurut saya saat ini kita masih saja terus membangun badan. Tidak ada pilihan lain bagi bangsa kita Indonesia Raya ini kecuali harus menciptakan suasana kemandirian bangsa dengan membangun sistem ekonomi kerakyatan. Kita tidak bisa membangun masa depan untuk generasi muda kita, tetapi kita bisa membangun generasi muda kita untuk masa depan, Generasi Muda yang baik adalah suatu Awal Bangsa Yang Kokoh.
Mari kita buat terapkan program diri untuk membangun jiwa, dapat kita mulai dari hal-hal kecil dan sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar