Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 04 Juni 2016

Man Power Planning (MPP)


Salam readers! Kali ini membahas sekilas kaitannya dengan MPP dalam industri organisasi. Apa sih MPP itu ? Yuk disimak...

Man Power Planning (MPP) atau perencanaan tenaga kerja merupakan suatu proses mengidentifkasi, mengevaluasi, dan juga merencanakan pemenuhan kebutuhan SDM yang akan menempati jabatan tertentu dalam perusahaan sesuai dengan standar kebutuhan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Yang pada intinya fungsi dari penyusunan manpower planning ini yaitu untuk mendapat tenaga kerja ahli yang kompeten untuk mengisi jabatan yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan. Salah satu hal penting yang merupakan manfaat perencanaan tenaga kerja, bahwa dengan itu dapat dimungkinkan tenaga kerja yang ada dimanfaatkan secara lebih baik, setidak-tidaknya ada pedoman yang dapat digunakan dalam penggunaan tenaga kerja yang ada secara lebih efisien dan lebih efektif. Dengan adanya perencanaan tenaga kerja, maka usaha pertama yang harus dilakukan adalah mengadakan inventarisasi tenaga kerja.


Langkah ini pun merupakan langkah penting untuk menciptakan jumlah tenaga kerja ideal, sehingga di masa yang akan datang tidak terjadi kekurangan atau bahkan kelebihan tenaga kerja.
Sayangnya tidak sedikit yang masih beranggapan bahwa manpower planning merupakan sebuah proses administrasi saja. Berikut langkah-langkah MPP ;
  • Mampu menetapkan secara jelas kualitas dan kuantitas SDM.
  • Mengumpulkan data dan informasi yang lengkap mengenai SDM.
  • Mengelompokkan data dan informasi tersebut, kemudian menganalisisnya.
  • Menetapkan beberapa alternatif yang kira kira sanggup ditempuh.
  • Memilih alternatif terbaik dari berbagai alternatif yang ada.
  • Menginformasikan rencana terpilih kepada para karyawan agar direalisasikan.



Peranan sumber daya manusia dalam berorganisasi sangatlah penting karena sumberdaya manusia ini sebagai pengelola system, agar system ini tetap berjalan tentu dalam pengelolaannya harus memperhatikan aspek-aspek penting seperti pelatihan, pengembangan, dan motivasi. Dalam hal ini sumber daya manusia dijadikan manajemen sebagai salah satu indikator penting pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan vital. SDM merupakan aset organisasi yang sangat vital, karena itu peran dan fungsinya tidak dapat digantikan oleh sumber daya lainnya. SDM dalam organisasi harus senantiasa berorientasi terhadap visi,misi,tujuan,dan sasaran organisasi dimana dia berada di dalamnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar