Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 21 September 2015

Keberagaman budaya di Indonesia

Indonesia, negara di Asia Tenggara yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia kaya akan berbagai macam seni dan budayanya. Dengan jumlah penduduk yang mencapai sekitar 200 juta orang lebih, penduduk Indonesia tersebar di masing-masing pulau dan mempunyai ciri khas budayanya sendiri yang dimana didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, adat istiadat yang ada dalam sebuah masyarakat yang diwarisi dari generasi ke generasi berikutnya yang menjadi identitas bangsa indonesia sendiri. Budaya yang berkembang di Indonesia, berasal dari berbagai macam suku, bahasa di daerah-daerah yang menyebar di tanah nusantara. Keragaman budaya di Indonesia adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Dengan keanekaragaman kebudayaannya Indonesia dapat dikatakan mempunyai keunggulan dibandingkan dengan negara lainnya dan terjalin interaksi yang baik antarkebudayaan yang diterapkan dalam semboyan “Bhineka Tunggal Ika”, yang berarti berbeda beda tetapi tetap satu jua.

Keberagaman budaya yang dimiliki oleh negara Indonesia, menjadi identitas bangsa. Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang unik dengan semboyan “Bhineka Tunggal Ika” karena bisa hidup rukun dalam satu negara yang terdiri dari berbagai budaya. Dengan mempunyai berbagai bahasa daerah, tidak menyebabkan bangsa Indonesia terpecah belah namun justru menambah kekayaan perbendaharaan bahasa. Karena keunikan ini adalah kekayaan yang mana tidak ada negara lain yang memiliki keanekaragaman budaya seperti Indonesia. Bhineka Tunggal Ika adalah simbol kerukunan yang ada di Indonesia dan sangat menarik di mata dunia.
Tetapi, pada jaman yang sudah modern ini budaya asli negara kita memang sudah mulai memudar, faktor dari budaya luar memang sangat mempengaruhi pertumbuhan kehidupan di negara kita saat ini. Misalnya, anak muda jaman sekarang, mereka sangat antusias dan up to date untuk mengetahui juga mengikuti perkembangan kehidupan budaya luar negeri. Sebenarnya bukan hanya orang-orang tua saja yang harus mengenalkan dan melestarikan kebudayaan asli negara kita tetapi juga para generasi muda ini harus senang, mencintai dan melestarikan kebudayaan asli negara Indonesia ini.

Lalu, bagaimana caranya agar menumbuhkan rasa cinta kebudayaan? Ketika kita memandang bahwa keanekaragaman budaya adalah suatu kekayaan, maka dengan sendirinya kita akan berusaha sendiri menjaga kekayaan kita tersebut. Sehingga rasa cinta kebudayaan, sikap memiliki dan menghargai kekayaan bangsa akan timbul di dalam diri.

Jadi, kesimpulannya adalah melestarikan budaya asli negara sendiri tidak hanya mesti orang-orang tua atau orang orang jaman dulu yang mengenakannya tetapi generasi muda juga harus berani dan percaya diri untuk melestarikan budaya asli negara sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar